Pesta Kesenian Bali 2017

on Sabtu, 10 Juni 2017
Siapkan agenda liburan sekolah tengah tahun keluarga Anda dengan baik. Jika belum menentukan destinasi liburan, Anda sekeluarga bisa berkunjung ke Bali karena Pesta Kesenian Bali (PKB) akan kembali digelar mulai 10 Juni hingga 8 Juli 2017 di Taman Budaya Bali, Art Center, Bali.

"Ini event yang selalu bertepatan dengan liburan anak sekolah di Indonesia. Kami akan mempersiapkan kejutan bagi anda yang datang ke Bali karena PKB akan tampil beda," ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Gede Agung Yuniartha.

Pesta Kesenian Bali kini menginjak usia ke-39. Dalam acara ini, berbagai kesenian Bali ditampilkan untuk mempertahankan Bali sebagai destinasi wisata utama di Indonesia.

Agung mengungkapkan,tahun ini Pesta Kesenian Bali dirancang berbeda dengan tahun sebelumnya. Masing-masing kabupaten/kota mesti menampilkan tradisi unik dan menarik.

Penampilan tradisi oleh kabupaten/kota sebenarnya sudah rutin diadakan di Pesta Kesenian Bali,tetapi dinilai masih perlu perbaikan. "Tahun ini lebih dipertajam lagi tradisi yang akan dipentaskan, pawai, lebih banyak budayanya dan lebih beragam," tukas Agung.

Sebagai contoh, Desa Timbrah yang terletak di Karangasem akan menghadirkan tradisi ngusaba, persembahan babi guling dalam jumlah banyak yang menjadi ritual satu-satunya di Bali.

"Saya yakin masing-masing kabupaten punya tradisi yang jarang dipentaskan sehingga banyak yang tidak tahu. Ini akan muncul sekarang, nanti kami siapkan tim juga untuk mendatanya," paparnya.

Sebelum kabupaten/kota memutuskan menampilkan salah satu tradisi unik di daerahnya, akan ada tim khusus yang turun langsung ke daerah memberikan materi, termasuk memantau apakah tradisi tersebut sudah ada di daerah lain atau tidak.

Pesta Kesenian Bali yang didukung oleh Kementerian Pariwisata ini juga akan diramaikan oleh ragam kesenian dari sembilan kabupaten/kota se-Bali. Bahkan beberapa daerah lain, seperti Banyuwangi dan NTT akan turut meramaikan acara yang rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko widodo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, Bali adalah gate untuk wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia. Setidaknya 40% wisatawan mancanegara masuk via Bali. Bersama Jakarta dan Kepulauan Riau, Bali menjadi pintu masuk bagi banyak wisatawan mancanegara.

"Pesta ini selalu dibuka oleh bapak Presiden di tahun-tahun sebelumnya. Ini karena begitu besarnya acara rakyat Bali ini. Acaranya beragam dan bisa membuat wisatawan semakin nyaman di Bali. Kekuatan Bali sebagai destinasi wisata adalah budaya. Kalau tidak dipertahankan, dikembangkan, dilestarikan, ini akan bahaya buat masa depan Bali," ujar Arief Yahya

0 komentar:

Posting Komentar